Senin, 21 Mei 2012

Google Konfirmasi Rencana Pengembangan Chrome Untuk Windows 8

Google menyatakan bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah versi Chrome yang akan mampu beroperasi di Metro UI di Windows 8. Konfirmasi tersebut muncul setelah Mozilla mengembangkan proyek serupa untuk Firefox. Juru bicara dari Google juga mengkonfirmasi pada Mashable bahwa versi terbaru Chrome tersebut akan lebih berbasis pada versi desktop.

“Tujuan kami adalah untuk menghadirkan kepada para pengguna kami sebuah Chrome experience yang cepat, mudah dan aman di seluruh platform, serta meliputi versi desktop serta versi Metro UI dari Windows 8. Untuk sampai pada tahap tersebut, kami saat ini sedang dalam tahap proses membangun sebuah versi Metro untuk Chrome, serta meningkatkan performa dari Chrome versi desktop untuk Windows 8 dengan menambahkan sebuah peningkatan untuk fungsi touch support.”

Hal ini berarti bahwa ketika tablet Windows 8 beredar pada akhir tahun ini, para pengguna produk tersebut akan tetap mampu menggunakan browser yang sama seperti halnya pada Windows 7, namun dengan tampilan baru yang telah disesuaikan dengan Metro interface. Plus, versi desktop juga akan dilengkapi dengan dukungan untuk layar sentuh. Metro sendiri merupakan cara interaksi dengan Windows 8 yang lebih menitikberatkan pada metode sentuhan, sebuah metode yang sangat ideal untuk penggunaan pada tablet, namun interface ini juga tetap akan berfungsi dengan mouse dan juga keyboard. Para pengguna akan tetap bisa memilih untuk menggunakan Metro UI atau Windows desktop tradisional.

Sebelumnya memang beredar kabar bahwa Microsoft mungkin tidak akan mengijinkan browser selain Internet Explorer untuk digunakan di dalam versi Metro. Namun dalam laporan resmi yang baru saja mereka rilis, Microsoft menyatakan bahwa mereka menyambut browser lain yang dilengkapi dengan dukungan untuk Metro UI, mereka bahkan memberi akses lebih untuk browser-browser tersebut jika dibandingkan dengan aplikasi Metro lainnya (seperti perintah untuk multitasking). Sayangnya Microsoft hanya mengijinkan satu jenis browser yang bisa dioperasikan dalam mode Metro, yaitu browser yang Anda pilih sebagai default browser dalam mode Metro.

Untuk fitur yang dihadirkan dalam Chrome terbaru ini, Google kemungkinan akan akan menghadirkan beberapa fitur yang mirip dengan Chrome for Android seperti sinkronisasi otomatis antara smartphone dengan akun Google Anda, fitur tabs serta beberapa fitur lainnya. Belum ada jadwal pasti untuk perilisan versi ini, tapi mengingat sejarah betapa cepatnya Google dalam menghadirkan update terbaru untuk Chrome, maka bukan tidak mungkin mereka akan segera merilisnya dalam waktu dekat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Pendapat Anda!!!

Caution!!!
1. Sampaikan Komentar anda sekarang!!! Mumpung saya lagi ada waktu nge-reply ^_^