Selasa, 10 April 2012

Kenapa Google Page Rank Hilang

Saat tulisan ini dibuat sedang terjadi pertanyaan besar yang membuat para webmaster dan pebisnis online gelisah. Ini mengenai Hilangnya indikasi Google Pagerank pada semua 3rd party (addon / plugin di web maupun browser). Dengan kejadian ini semua web yang memiliki pagerank tiba-tiba turun drastis menjadi 0 tidak terkecuali facebook pun yang tadinya bernilai PR 10 kini menjadi 0 ada apa ini?.

Dari sebuah sumber yang dapat dipercaya mengatakan bahwa beberapa waktu lalu google tengah mengindikasikan akan menghilangkan system Pagerank terutama pada domain .edu dan .gov dan pada saat tulisan ini dibuat hal itu telah terjadi, tapi pertanyaannya adalah apakah benar demikian adanya bahwa google telah menghapus system pagerank nya?


Setelah saya menelusuri informasi ternyata dugaan itu tidak benar adanya karena yang benar adalah bahwa google tidak menghilangkan system pageranknya tapi merubah source / sumber yang biasanya dipakai oleh 3rd party extensions/plugin dalam mencari pagerank dari sebuah web.

Mitos Pagerank

Bagi saya pagerank adalah penghargaan yang diberikan oleh google kepada halaman website atas content yang diberikan kepada masyarakat. Karenanya setiap halaman didalam sebuah website memiliki Pagerank yang berbeda. Google akan memberikan PR yang baik untuk sebuah halaman website yang baik dan dinilai memiliki kontribusi yang baik untuk para pengunjung website.

Berpengurhkah Backlink dari halaman yang memiliki Pagerank yang tinggi

Tentu saja berpengaruh selama backlink tersebut dofollow (bukan link buntu), logikanya adalah jika sebuah halaman sebuah web terhubung dengan halaman web lainnya yang memiliki PR yang baik maka halaman yang terhubung akan dinilai baik pula dan kemungkinan besar akan memiliki nilai yang sama dengan halaman penghubung jika memiliki issue content yang sama.

Adakah hubungan antara Pagerank dengan SERP (search engine result page)

Saya berpendapat kecil sekali, karena baiknya SERP itu ditentukan oleh backlink yang bermutu, pagetitle, metadescription, keyword dan content yang saling kuat menguatkan. Jika anda tidak sependapat dengan saya silahkan anda googling dengan kata kunci apa saja terserah anda dan pelajari bahwa tidak semua SERP pada halaman 1 google memiliki PR yang tinggi dan malah website yang memiliki PR yang tinggi tidak muncul dihalaman 1.

Kesimpulan

Jika ingin SERP yang bagus buatlah content yang unik dan backlink yang baik dan saling kuat menguatkan sesuai aturan search engine dan jika anda ingin PR yang tinggi buatlah content yang unik dan bermutu (pelajari domain .edu dan .gov atau wiki yang kebanyakan mereka memiliki PR yang tinggi karena memiliki content yang bermutu pertanyaannya adalah mengapa jika domain .edu dan .gov yang memiliki PR yang tinggi jarang sekali kita temukan pada SERP halaman pertama).

1 komentar:

  1. Alhamdulillah Mas page rank saya tidak pernah hilang,,,makasih atas infonya.

    BalasHapus

Berikan Pendapat Anda!!!

Caution!!!
1. Sampaikan Komentar anda sekarang!!! Mumpung saya lagi ada waktu nge-reply ^_^